Presentasi Multimedia Pembelajaran Hasil Pengembangan

PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN





Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. 


Anderson (1976) mengelompokkan media menjadi 10 golongan sbb :

No
Golongan Media
Contoh dalam Pembelajaran
I
Audio
Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
II
Cetak
Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
III
Audio-cetak
Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
IV
Proyeksi visual diam
Overhead transparansi (OHT), Film bingkai (slide)
V
Proyeksi Audio visual diam
Film bingkai (slide) bersuara
VI
Visual gerak
Film bisu
VII


Audio Visual gerak, film gerak bersuara, video/VCD, televise
VIII
Obyek fisik
Benda nyata, model, specimen
IX
Manusia dan lingkungan
Guru, Pustakawan, Laboran
X
Komputer
CAI (Pembelajaran berbantuan komputer), CBI (Pembelajaran berbasis komputer).[7]

Sejatinya sebuah media baik berup media sederhana maupun multimedia dibuat untuk mempermudah kita dalam belajar, untuk membantu kita belajar karena masing masing orang memiliki kekurangan dan kelebihan dalam belajar.  Disini saya mengubah sebuah media pembelajaran berupa power point menjadi sebuah video, karena terkadang saya tidak suka membaca ppt, akan lebih paham jika mendengarkan sekaligus melihat daripada membaca. Dan dengan media ini saya menjadi bisa mengulang secara terus menerus bahkan bisa hanya saya dengarkan jika sudah sering dilihat dan di pelajari. Selain itu karena saya orangnya mudah bosan maka saya memberikan sedikit lagu dalam pemutaran videonya.
Contoh salah satu materi yang saya angkat adalah penghitungan mengenai pH asam dan Basa. Di dalam video power point ini dimana pH menunjukan tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan. 

Dalam video ini memperlihatkan interval pH asam dan Basa

Dan Juga perhitungan pH asam dan Basa serta contohnya yang apabila sering diulang kita bisa cukup mendengarkan saja. Untuk melihat videonya secara lengkap silahkan klik link berikut https://youtu.be/JZt_vpTtk2U

Permasalahan
1. Menurut kalian apa kelebihan dan kelemahan dari media ini?
2. Menurut kalian materi seperti apa yang bisa menggunakan media ini?
3. Menurut kalian apakah media ini bisa digunakan untuk pembelajaran kelas?

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya akan menanggapi pertanyaan anda yang ke 1:
    Kelebihan :
    1. Praktis, dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas
    2. Memberikan kemungkinan tatap muka dan mengamati respons siswa
    3. Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
    4. Dapat menyajikan berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara sehingga membuat siswa lebih tertarik
    5. Dapat dipergunakan berulang-ulang

    Kelemahan :
    1. Membutuhkan keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada desain program komputer sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan
    2. Memerlukan persiapan yang matang, bila menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan dari saudari, tetapi saya kurang setuju dengan kelebihan yang kedua karena media ini dibuat untuk pemebelajran pribadi.

      Hapus
  3. menanggapi persoalan ke-3 tentu media tersebut bisa digunakan untuk pembelajaran dalam kelas, namun menurut saya media yang anda tampilkan, masih kurang terutama dalam segi audio yang masih kurang jelas. mungkin siswa akan mengerti tentang materi yang anda sajikan hanya melalui tulisan saja, karena audio yang kurang memadai. sedikit saran, lebih ditambahkan animasi atau gambar-gambar tertentu yang mendukung mengenai materi yang dijabarkan agar lebih menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudara agung karena akan lebih baik jika audiony diganti penjelasan secara langsung dan tulisan serta gambarnya di jadikan PPT biasa.

      Hapus
    2. menurut pendapat saya media yang telah munika buat lebih cocok dipakai oleh anak untuk belejar dirumah, karena terkadang dalam membaca ulang anak lebih malas, tetapi audionya harus lebih jelas, dengan begitu media ini dapat membantu anak tersebut

      Hapus
    3. Terimakasih atas tanggapan dari Agung, Desi dan Yulinda, tetapi saya tidak sependapat dengan desi dan agung, saya lebih sependapat dengan Yulinda, karena memang media ini saya buat untuk pemeblajaran individu jika memang untuk pemebalajaran kelas maka akan lebih abik pptnya saja tanpa dijadikan video.

      Hapus
  4. Menanggapi permasalahan no.2... menurut saya materi kimia yg cocok menggunakan aplikasi ini adalah materi kimia yg berbentuk audio-visual dimana saudari dpt menyisipkan objek(gambar), materi kimia yg sekiranya cocok menurut saya seperti Mengenai fraksi minyak bumi, Tabel periodik dan Elektrolisis. Tidak hanya menyisipkan gambar, namun harus disertai audio yg menjelaskan tentang gambar yg saudari tampilkan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi menurut saya jika elektrolisis mungkin akan lebih baik ppt biasa yang diselipkan video.

      Hapus
  5. Saya akan menanggapi pertanyaan nomor 3. Media ini dapat digunakan di pembelajaran dalam kelas, karena ini akam mmbantu guru dalam menjelaskan materi, dan sedikit menghemat waktu pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetepai menurut saya media ii lebih cocok untuk pembelajaran pribadi.

      Hapus
  6. Menjawab permasalahan no. 1
    Kelebihannya media ini akan memebantu guru dalam menjelaskan materi dengan slide disertai gambar dan audio yang meningkatkan pemahman dalam pembelajaran dan mendukung untuk anak yang memiliki kecerdasan audio visual.
    Kekurangannya seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengoprasikan komputer dengan baik karena tidak semua pengajar dapat melakukannya dan perlu ditingkatkan lagi agar slide yang ditampilkan lebih menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, lalu menurut anda apa ang harus sekolah lakukan agar semua guru memiliki keterampilan menggunakan komputer.

      Hapus
  7. Baiklah disini saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1 dimana kelebihan media ini yaitu :
    Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehingga lebih menarik;

    2) Dapat menjangkau kelompok banyak.

    3) Tempo dan cara penyajiannya bisa disesuaikan.

    4) Penyajiannya masih bisa bertatap muka.

    5) Dapat digunakan secara berulang-ulang.

    6) Bahan materi-materinya mudah didapat dan pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya pembuatannya.

    Kekurangan atau kelemahan

    1) Ketergantungan arus listrik sangan tinggi.

    2) Media pendukungnya (komputer dan LCD) cukup mahal.

    3) Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi (penyaji harus menguasai betul materinya).

    5) Disajikan hanya dalam bentuk teks dan kebanyakan hanya berbentuk animasi-animasi gambar saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi menurut saya media ini tidak bergantung pada arus listrik yang tinggi, karena media ini berbentuk video jadi dengan begitu bisa disimpan di handphone dan selama handphone tersebut hidup maka media tetap bisa digunakan.

      Hapus
  8. baiklah saya akan menanggapi permasalahan nomor 3 , apakah media ini cocok untuk pembelajaran dikelas . Menurut saya, multimedia ini cocok apabila diterapkan di dalamkelas dikarenakan media ini membutuhkan tambahan alat berupa infocus agar siswa dapat mengamati dengan jelas vidio tersebut apabila ditampilkan hanya dari laptop kemungkinan ada sebagian siswa yang tidak dapat melihat dengan jelas. namun, harus ada beberapa hal yang harus diperbaiki terutama mengenai audio yang digunakan dan juga gambar yang kurang jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.

      Hapus
  9. baik saya akan menambahkan jawaban mengenai permasalahan no 3
    dimana sebenarnya semua media itu bagus digunakan dalam proses pembelajaran. namun sekarang permasalahannya apakah semua tenaga pengajar dapat meggunakannya. dimana disini dituntut kreatifitas dari pengajar tersebut agar bisa membuat suasana lebih interaktif sehingga media yang dirancang tidak menjadi bahan yang akan menurunkan rasa ingin tahu siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.

      Hapus
  10. baiklah saya akan menanggapi permasalahan nomor 3 , apakah media ini cocok untuk pembelajaran dikelas . Menurut saya, multimedia ini cocok apabila diterapkan di dalamkelas dikarenakan media ini membutuhkan tambahan alat berupa infocus agar siswa dapat mengamati dengan jelas vidio tersebut apabila ditampilkan hanya dari laptop kemungkinan ada sebagian siswa yang tidak dapat melihat dengan jelas. namun, harus ada beberapa hal yang harus diperbaiki terutama mengenai audio yang digunakan dan juga gambar yang kurang jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.

      Hapus
  11. Baiklah saya akan menjawab no 1
    Yaitu kelebihan dan kelemahan
    Kelebihan
    Video anda telah bagus dalam menjelaskan suatu materi asam basa
    Kelemahan
    Terlalu banyak animasi yang tidak sesuai dengan materi sehingga akan membuat siswa tidak fokus pada materi
    Lebih baik di lakukan di lab karena akan lebih mengerti jika kita melakukannya

    BalasHapus
  12. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3
    Menurut saya cocok saja jika digunakan di kelas, namun akan lebih baik jika memanfaatkan gambar, animasi yang bersangkutan dengan materi, jika terlalu banyak animasi maka akan membuat siswa menjadi tidak fokis dengan materi yang hendak disampaikan. Dan diharapkan gambar dan suara pada video harus jelas agar siswa dapat mengerti dengan baik apa yang disampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer