Presentasi Multimedia Pembelajaran Hasil Pengembangan
PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN
Media pembelajaran secara umum
adalah alat bantu proses belajar mengajar.
Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar. Multimedia
adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari
teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.
Anderson (1976) mengelompokkan
media menjadi 10 golongan sbb :
No
|
Golongan Media
|
Contoh dalam Pembelajaran
|
I
|
Audio
|
Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
|
II
|
Cetak
|
Buku pelajaran, modul,
brosur, leaflet, gambar
|
III
|
Audio-cetak
|
Kaset audio yang dilengkapi
bahan tertulis
|
IV
|
Proyeksi visual diam
|
Overhead transparansi (OHT),
Film bingkai (slide)
|
V
|
Proyeksi Audio visual diam
|
Film bingkai (slide) bersuara
|
VI
|
Visual gerak
|
Film bisu
|
VII
|
|
Audio Visual gerak, film
gerak bersuara, video/VCD, televise
|
VIII
|
Obyek fisik
|
Benda nyata, model, specimen
|
IX
|
Manusia dan lingkungan
|
Guru, Pustakawan, Laboran
|
X
|
Komputer
|
CAI (Pembelajaran berbantuan
komputer), CBI (Pembelajaran berbasis komputer).[7]
|
Sejatinya sebuah media
baik berup media sederhana maupun multimedia dibuat untuk mempermudah kita
dalam belajar, untuk membantu kita belajar karena masing masing orang memiliki
kekurangan dan kelebihan dalam belajar. Disini
saya mengubah sebuah media pembelajaran berupa power point menjadi sebuah
video, karena terkadang saya tidak suka membaca ppt, akan lebih paham jika
mendengarkan sekaligus melihat daripada membaca. Dan dengan media ini saya
menjadi bisa mengulang secara terus menerus bahkan bisa hanya saya dengarkan
jika sudah sering dilihat dan di pelajari. Selain itu karena saya orangnya
mudah bosan maka saya memberikan sedikit lagu dalam pemutaran videonya.
Contoh salah satu
materi yang saya angkat adalah penghitungan mengenai pH asam dan Basa. Di dalam
video power point ini dimana pH menunjukan tingkat keasaman dan kebasaan suatu
larutan.
Dalam video ini memperlihatkan interval pH asam dan
Basa
Dan Juga perhitungan pH asam dan Basa serta
contohnya yang apabila sering diulang kita bisa cukup mendengarkan saja. Untuk melihat videonya secara lengkap silahkan klik
link berikut https://youtu.be/JZt_vpTtk2U
Permasalahan
1. Menurut kalian apa kelebihan dan kelemahan dari media ini?
2. Menurut kalian materi seperti apa yang bisa menggunakan media ini?
3. Menurut kalian apakah media ini bisa digunakan untuk pembelajaran kelas?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSaya akan menanggapi pertanyaan anda yang ke 1:
BalasHapusKelebihan :
1. Praktis, dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas
2. Memberikan kemungkinan tatap muka dan mengamati respons siswa
3. Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
4. Dapat menyajikan berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara sehingga membuat siswa lebih tertarik
5. Dapat dipergunakan berulang-ulang
Kelemahan :
1. Membutuhkan keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada desain program komputer sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan
2. Memerlukan persiapan yang matang, bila menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.
Terimakasih atas tanggapan dari saudari, tetapi saya kurang setuju dengan kelebihan yang kedua karena media ini dibuat untuk pemebelajran pribadi.
Hapusmenanggapi persoalan ke-3 tentu media tersebut bisa digunakan untuk pembelajaran dalam kelas, namun menurut saya media yang anda tampilkan, masih kurang terutama dalam segi audio yang masih kurang jelas. mungkin siswa akan mengerti tentang materi yang anda sajikan hanya melalui tulisan saja, karena audio yang kurang memadai. sedikit saran, lebih ditambahkan animasi atau gambar-gambar tertentu yang mendukung mengenai materi yang dijabarkan agar lebih menarik.
BalasHapusSaya sependapat dengan saudara agung karena akan lebih baik jika audiony diganti penjelasan secara langsung dan tulisan serta gambarnya di jadikan PPT biasa.
Hapusmenurut pendapat saya media yang telah munika buat lebih cocok dipakai oleh anak untuk belejar dirumah, karena terkadang dalam membaca ulang anak lebih malas, tetapi audionya harus lebih jelas, dengan begitu media ini dapat membantu anak tersebut
HapusTerimakasih atas tanggapan dari Agung, Desi dan Yulinda, tetapi saya tidak sependapat dengan desi dan agung, saya lebih sependapat dengan Yulinda, karena memang media ini saya buat untuk pemeblajaran individu jika memang untuk pemebalajaran kelas maka akan lebih abik pptnya saja tanpa dijadikan video.
HapusMenanggapi permasalahan no.2... menurut saya materi kimia yg cocok menggunakan aplikasi ini adalah materi kimia yg berbentuk audio-visual dimana saudari dpt menyisipkan objek(gambar), materi kimia yg sekiranya cocok menurut saya seperti Mengenai fraksi minyak bumi, Tabel periodik dan Elektrolisis. Tidak hanya menyisipkan gambar, namun harus disertai audio yg menjelaskan tentang gambar yg saudari tampilkan tersebut.
BalasHapusTerimakasih atas tanggapan saudari, tetapi menurut saya jika elektrolisis mungkin akan lebih baik ppt biasa yang diselipkan video.
HapusSaya akan menanggapi pertanyaan nomor 3. Media ini dapat digunakan di pembelajaran dalam kelas, karena ini akam mmbantu guru dalam menjelaskan materi, dan sedikit menghemat waktu pembelajaran
BalasHapusTerimakasih atas tanggapan saudari, tetepai menurut saya media ii lebih cocok untuk pembelajaran pribadi.
HapusMenjawab permasalahan no. 1
BalasHapusKelebihannya media ini akan memebantu guru dalam menjelaskan materi dengan slide disertai gambar dan audio yang meningkatkan pemahman dalam pembelajaran dan mendukung untuk anak yang memiliki kecerdasan audio visual.
Kekurangannya seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengoprasikan komputer dengan baik karena tidak semua pengajar dapat melakukannya dan perlu ditingkatkan lagi agar slide yang ditampilkan lebih menarik.
Terimakasih atas tanggapan saudari, lalu menurut anda apa ang harus sekolah lakukan agar semua guru memiliki keterampilan menggunakan komputer.
HapusBaiklah disini saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1 dimana kelebihan media ini yaitu :
BalasHapusDapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehingga lebih menarik;
2) Dapat menjangkau kelompok banyak.
3) Tempo dan cara penyajiannya bisa disesuaikan.
4) Penyajiannya masih bisa bertatap muka.
5) Dapat digunakan secara berulang-ulang.
6) Bahan materi-materinya mudah didapat dan pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya pembuatannya.
Kekurangan atau kelemahan
1) Ketergantungan arus listrik sangan tinggi.
2) Media pendukungnya (komputer dan LCD) cukup mahal.
3) Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi (penyaji harus menguasai betul materinya).
5) Disajikan hanya dalam bentuk teks dan kebanyakan hanya berbentuk animasi-animasi gambar saja.
Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi menurut saya media ini tidak bergantung pada arus listrik yang tinggi, karena media ini berbentuk video jadi dengan begitu bisa disimpan di handphone dan selama handphone tersebut hidup maka media tetap bisa digunakan.
Hapusbaiklah saya akan menanggapi permasalahan nomor 3 , apakah media ini cocok untuk pembelajaran dikelas . Menurut saya, multimedia ini cocok apabila diterapkan di dalamkelas dikarenakan media ini membutuhkan tambahan alat berupa infocus agar siswa dapat mengamati dengan jelas vidio tersebut apabila ditampilkan hanya dari laptop kemungkinan ada sebagian siswa yang tidak dapat melihat dengan jelas. namun, harus ada beberapa hal yang harus diperbaiki terutama mengenai audio yang digunakan dan juga gambar yang kurang jelas.
BalasHapusTerimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.
Hapusbaik saya akan menambahkan jawaban mengenai permasalahan no 3
BalasHapusdimana sebenarnya semua media itu bagus digunakan dalam proses pembelajaran. namun sekarang permasalahannya apakah semua tenaga pengajar dapat meggunakannya. dimana disini dituntut kreatifitas dari pengajar tersebut agar bisa membuat suasana lebih interaktif sehingga media yang dirancang tidak menjadi bahan yang akan menurunkan rasa ingin tahu siswa
Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.
Hapusbaiklah saya akan menanggapi permasalahan nomor 3 , apakah media ini cocok untuk pembelajaran dikelas . Menurut saya, multimedia ini cocok apabila diterapkan di dalamkelas dikarenakan media ini membutuhkan tambahan alat berupa infocus agar siswa dapat mengamati dengan jelas vidio tersebut apabila ditampilkan hanya dari laptop kemungkinan ada sebagian siswa yang tidak dapat melihat dengan jelas. namun, harus ada beberapa hal yang harus diperbaiki terutama mengenai audio yang digunakan dan juga gambar yang kurang jelas.
BalasHapusTerimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.
HapusBaiklah saya akan menjawab no 1
BalasHapusYaitu kelebihan dan kelemahan
Kelebihan
Video anda telah bagus dalam menjelaskan suatu materi asam basa
Kelemahan
Terlalu banyak animasi yang tidak sesuai dengan materi sehingga akan membuat siswa tidak fokus pada materi
Lebih baik di lakukan di lab karena akan lebih mengerti jika kita melakukannya
Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3
BalasHapusMenurut saya cocok saja jika digunakan di kelas, namun akan lebih baik jika memanfaatkan gambar, animasi yang bersangkutan dengan materi, jika terlalu banyak animasi maka akan membuat siswa menjadi tidak fokis dengan materi yang hendak disampaikan. Dan diharapkan gambar dan suara pada video harus jelas agar siswa dapat mengerti dengan baik apa yang disampaikan
Terimakasih atas tanggapan saudari, tetapi media ini dibuat untuk pembelajaran individu, karena bentuknya video jadi jika untuk pembelajaran kelas maka lebih baik ppt asli tanpa dirubah jadi video.
Hapus